Ignition 1 Gerakan Nasional 1000 Startup Digital #Malang

ignition-1-malang

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah mengadakan Ignition 1 di Kota Malang yang digelar pada 19 November 2016 di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya. Ignition 1 kali ini diisi oleh tokoh – tokoh penggerak startup di Indonesia. Ada dari BEON, Kulina, inagata, Ruma, dan masih banyak lagi.

overview

Sebelum dimulainya sesi panel, ignition 1 chapter Malang ini diisi dengan overview Gerakan Nasional 1000 Startup Digital oleh oleh Taufic Hidayat (CEO AgiVest). Taufic menyampaikan bahwa Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah bukan sebuah kompetisi yang harus ada juaranya. Tapi gerakan untuk memajukan bangsa sesuai program pemerintah untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

presentasi-1

Setelah overview. Acara dilanjutkan dengan sesi presentasi dengan topik “Embracing Failure as Founders” yang disampaikan oleh Jaka Wiradisuria (Head of New Product of RUMA). Jaka menyampaikan bahwa menjadi founder Startup harus siap mengalami kegagalan, karena probabilitas kesuksesan hanya 5%. Sehingga dimungkinkan kegagalan dalam membuat Startup itu pasti. Dan akan ada hikmah ketika kita gagal. Yang terpenting ketika kita gagal adalah kita harus “Keep Moving Forward” dan belajar dari kegagalan itu.

panel-1

Kemudian dimulainlah sesi panel 1 diisi dengan topik “Think Like a Founder” yang membahas modal utama dalam membangun startup. Panelis sesi kali ini yakni M. Fauzil Haqqi (CEO Pictatologi), Andy Fajar Handika (CEO Kulina), Mifthaul Huda (CEO Inagata) yang dimoderatori oleh Ahimsa Afrizal (CEO Jejakku). Point terpenting yang saya dapat dari sesi panel 2 ini yakni “Care dengan tim” karena dengan kita care dengan tim, maka secara tidak langsung kita juga akan care dengan pengguna. Kemudian “Jangan takut gagal” karena kita tidak tahu kapan kita sukses tanpa melewati sederet rintangan kegagalan. Dan yang terakhir adalah “Humble dan Open minded”.

panel-2

Selanjutnya adalah sesi panel 2 diisi dengan topik “Entrepreneural Mindset” oleh Danton Prabawanto (CEO BEON) yang dimoderatori oleh Afrizal Novian (Digital Strategic BEON). Pada sesi ini Danton lebih banyak bercerita mengenai asam pahit perjalanan hidupnya dalam membangun startupnya yang diawali dengan karir sebagai karyawan perusahaan ternama di Jakarta. Dari mendirikan startup yang sukses hingga startupnya jatuh dengan hutang miliyaran, dan mendirikan startup lagi hingga dapat melunasi utangnya yang bermiliaran serta menjadi sukses seperti sekarang. Hal yang perlu dicatat pula dari sesi panel ini yakni kita harus jeli terhadap peluang disekitar kita. Serta menjadi entrepreneur dapat menguatkan mental kita. Menguji mental kita ketika kita dalam keadaan down. Dan melewati masa-masa itu dengan ide – ide yang out of the box dan visioner. Hal inilah yang membedakan entrepreneur dengan yang lain.

panel-3

Sesi terakhir pada Ignition 1 kali ini yakni sesi Panel 3 diisi dengan materi “Collaboration to Create Innovation” oleh panelis Faye Scarlet Alund (Co-founder Kumpul.co), Daus Gonia (Creative Director Menembus Langit), Vicky Arief (CEO Paredise Group), dan Daniel Cahyadi (Industry Manager Google Indonesia) yang dimoderatori oleh Brillyanes Sanawiri (Founder Mavens Mitra Perkasa Brand & Innovation Agency). Beberapa poin yang saya tangkap dari sesi terakhir ini yakni Open source. Berbagi itu bertambah. Kita tidak bisa eksekusi suatu ide tanpa kolaborasi. Yang perlu diingat adalah ide itu murah, eksekusi yang membuat ide itu menjadi lebih berharga. Serta dalam memilih partner tim adalah utamakanlah karakter dari pada keahlian. Karena keahlian itu bisa dipelajari. Dan hal terpenting yang terakhir adalah tentukan visi dalam membuat startup agar startup kita tetap survive dalam persaingan.

“1000 Inovasi, 1000 Solusi, 1000 Karya Untuk 1 Indonesia Raya”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s