Ketika Nervous Datang

Mungkin sebagian (besar) dari kita nervous kalau diminta berbicara didepan khalayak umum, tak terkecuali aku. Ya aku masih saja gugup jika dimintai untuk berbicara didepan banyak orang. Padahal aku sudah sejak SD sering dimintai untuk berbicara didepan banyak orang. Mulai dari jadi MC pas hari maulud Nabi hingga jadi pemateri waktu jadi ketua organisasi di SMA. Pun, kemarin waktu upgrading juga diminta memberi kesan terkait acara didepan temen – temen masih aja ada rasa deg-degan. Maklumlah aku juga manusia. 😀

Dilain itu sebagian orang pasti mempunyai cara untuk menghilangkan rasa deg-degan ketika berbicara didepan banyak orang. Seenggaknya mereka akan menyembunyikan rasa dan tingkah laku mereka. Aku sendiri merasa lebih pede berbicara didepan jika ditunjuk langsung untuk berbicara, bukannya direncanain dulu. Entah kenapa ? Alih – alih menghilangkan rasa deg – degan, bukannya tambah pede malah yang mau disampaikanpun bisa jadi lupa. Hahaha.

Setiap orang pasti beda – beda cara ngilangin nervous tersebut. FYI, aku punya beberapa cara yang biasa aku lakuin ketika mau berbicara didepan umum.

  • Buat poin – poin yang mau disampein. Ntar waktu berbicara didepan tinggal ngejabarin aja.
  • Berdoa dahulu ketika mau berbicara didepan umum.
  • Biar tetep konsen dan materi yang mau disampein gak ilang. Aku biasa menatap dahi peserta ketika berbicara. Bisa juga meja. Tergantung kondisinya. Tujuannya cuma pencitraan aja biar kelihatan menatap wajah peserta.
  • Ketika kesalahan datang, ubahlah kesalahan itu menjadi guyonan yang lucu. Ingat yang lucu ya. Bisa aja guyonanmu tadi bukannya mindahin hal yang salah tadi, tapi malah memperburuk suasana jika guyonanmu garing. Dan mentalmu yang tambah down adalah kemungkinan yang bakalan terjadi.
  • Terakhir pasang wajah tersenyum untuk mengurangi tekanan suasana lingkungan serta rasa nervous yang ada.

Mungkin itu yang biasa aku lakuin untuk menghilangkan rasa nervous ketika berbisara didepan umum. Sembari terus memaksakan diri untuk belajar ngomong didepan umum. Bagaimana denganmu ? punya masukan ? Silakan berkomentar..

Tinggalkan Balasan

