Belajar Menulis

“Kalian harus tahu, betapa kata-kata memiliki kekuatan yang luar biasa. Kalau kalian mampu menyusun kata-kata itu dengan indah, bukan saja kalian mampu membuat karya yang luar biasa, tapi kalian juga bisa membuat orang lain tergetar dengan apa yang kalian tulis atau kalian ucapkan.” Tegas Pak Julian Balia dalam Film Sang Pemimpi.

Menulis. Ya, akhir-akhir ini menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagiku. Walaupun aku lumayan jarang menulis karena seringnya binggung mau nulis tentang apa. Berawal suka browsing dan baca-baca artikel di internet, tanpa sengaja aku ketemu dan sering baca tulisan-tulisan dari blog milik Pak Rinaldi Munir, Mas Aryya dan Mbak Titan. Berkat sering banget baca tulisan-tulisan mereka, aku kayanya terbius dan infeksi menulis pun jadi menular padaku <Ah lebay../>. Dan bertambah lagi waktu aku dikasih hadiah novel oleh Mbak Fitria karangannya Ahmad Rifa’i Rif’an. Waktu itu saking niatnya, aku sampe punya hajat untuk buat buku karangan sendiri trus diterbitkan. Haha semoga saja terijabahi. Amiin

Menulis sepertinya terlihat mudah, semudah membaca tulisannya. Namun ketika memulai menulisnya terkadang aku bingung harus memulai darimana. Dan ini adalah bagian yang tersulit menurutku. Namun kalau yang bagian awal ini sudah terlewati terasa rada ringan untuk meneruskannya. Ah, aku aja yang kurang latihan nulis aja kali.

Menulis merupakan salah satu aktivitas yang aku sukai selain mendengarkan musik, internetan, nonton film, baca novel dan tentunya tidur ketika bosan. Yang sering kalau ingin nulis itu waktu ada isu atau ingin beropini maupun bercerita mengenai suatu perkara. Entah itu tulisan sepele sampe isu-isu sosial politik. Kegiatan menulis seringnya sih tidak aku lakukan ketika ingin menulis. Ya karena lebih enak ngegrundel dalam hati dari pada ditulis (kalo opini). hehe

Sampai sekarang aku masih belajar untuk membuat tulisan yang baik, berbobot, menarik, dan tentunya yang inspiratif. Karena (salah satunya) dengan menulis kamu dapat dikenal, kamu dapat dikenang, dan tidak menutup kemungkinan kamu dapat terkenal lewat tulisan-tulisanmu yang indah yang membuat orang lain tergetar dengan apa yang kamu tulis.

Maka dari itu, marilah perbanyak amalan belajar kita dengan menulis (disamping membaca), karena menulis merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar.

Salam Hangat

Agung Pramono, pemuda yang takjub akan tulisan indah.

Tinggalkan Balasan

